Kemnaker Raih e-Monev Award 2016

By Admin

nusakini.com--Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemanker) berhasil meraih Penghargaan Pelaksanaan Pemantauan Rencana Pembangunan Berbasis Elektronik (e-Monev Awards) 2016 pada kategori Pencapaian. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) kepada Kementerian/Lembaga yang telah melaksanakan pelaporan melalui aplikasi elektronik monitoring and evaluation (e-Monev).

Acara penyerahan e-Monev Award dilaksanakan setelah Rapat Koordinasi Sinergi Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Nasional yang berlokasi di Gedung Widjojo Nitrisastro, Kantor Bappenas, Jakarta (13/12). 

Penilaian didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan. PP tersebut menerangkan bahwa Evaluasi dilakukan terhadap pelaksanaan Rencana Kerja K/L dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) untuk menilai keberhasilan pelaksanaan dari suatu program/kegiatan, termasuk di dalamnya poin efisiensi, efektivitas, manfaat, dampak, dan keberlanjutan, berdasarkan pada indikator dan sasaran kinerja yang tercantum dalam Rencana Strategis K/L dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional. 

“Kami sangat bangga bisa memperoleh penghargaan dari Bappenas. Tentunya, penghargaan ini akan memacu kami untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya di tahun-tahun yang akan datang,” ujar Kepala Biro Perencanaan Kemnaker, Bagus Marijanto, setelah mewakili Kemnaker untuk menerima e-Monev Award 2016. 

e-Monev Awards 2016 meliputi tiga kategori, yaitu Kepatuhan (Compliance), Pencapaian (Achievement), dan Inovasi (Innovation) kepada K/L berdasarkan kriteria dalam masing-masing kategori. Penghargaan Kategori Kepatuhan e-Monev Awards 2016 diberikan kepada K/L yang telah menyampaikan dan memvalidasi sejumlah pelaporan dan kelengkapan data terkait realisasi rencana pembangunan dari 2013 hingga 2016, sedangkan Penghargaan Kategori Pencapaian diserahkan kepada K/L yang paling baik pencapaian kinerja dan realisasi anggaran setiap triwulan dari 2013 hingga 2016. 

Penghargaan kategori terakhir, Inovasi, diserahkan kepada K/L yang dinilai paling unggul dalam hal kualitas kerja sama dengan Kementerian PPN/Bappenas untuk bersinergi dalam pelaksanaan pelaporan pemantauan rencana pembangunan dan kerja sama pengembangan aplikasi daring e-monev. Selain Kemnaker, K/L lain yang memperoleh penghargaan adalah Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan, masing-masing untuk Kategori Kepatuhan dan Inovasi. (p/ab)